Rabu, 06 Februari 2013

Cara Membersihkan Virus di Komputer Laptop | Windows XP-7


Cara Membersihkan Virus di Komputer Laptop | Windows XP-7

Virus Total Clean
Virus-virus di internet semakin hari semakin tambah varian dan tambah banyak saja. Generasi virus sepertiW32/Virut.GenTrojan  TR/Starter.Y –TR/Agent.2372096.A – TR/Patched.Gen– TR/Crypt.XPACK.GenRamnit jugaSality seperti-nya masih mendominasi dunia pervirusan sampai di Indonesia tercinta ini. Virus-virus tersebut kebanyakan berasal dari file-file hasil download di-internet maupun flashdisk yang bervirus. Meskipun di Komputer atau Laptop sudah di install Softaware atau Program Antivirus , masih saja kebobolan di sana-sini. Kalo tidak sistem operasi (OS)-nya, ya aplikasi-aplikasi bahkan data ikut jadi korban, ikut ketularan virus! Untuk itu diperlukan sedikit trik bagaimana step by step atau langkah demi langkah cara menggunakan Antivirus yang benar dalam mencegah, menghapus dan membersihkan virus pada Komputer atau Laptop anda.
Ikutilah dahulu pembahasan berikut, mengenai alasan saya mengangkat Tema ini. Selanjutnya, untuk contoh Tutorial cara membersihkan virus pada Winsdows Xp Sp3-Windows 7, saya mencoba menampilkan Avira Free Antivirus 2013 dan Smadav, karena kedua Antivirus tersebut tidak pernah bermasalah jika digabungkan dalam satu Komputer dan kedahsyatannya telah saya buktikan lebih dari 2 tahun ini!

Ide Dasar

Ketidaksigapan dan ketidakmengertian efek yang nantinya ditimbulkan apabila sistem komputer nantinya terserang virus atau hanya mengandalkan otomatisasi Program Antivirus, inilah hal-hal mendasar  yang sering  terjadi pada pengguna komputer (operator). Minimnya pengetahuan SDM atau masih Newbie di situasi ini juga aspek yang mendukung semakin hancurnya Sistem Operasi dan Program-program yang ada!
Beberapa efek yang bisa ditimbulkan virus pada komputer atau laptop :
  • Komputer atau kompi  tidak bisa masuk Windows
  • Laptop atau lepi restart sendiri
  • Berpotensi menghasilkan Blue Screen
  • Login Windows terinfeksi, sehingga  tidak bisa masuk Desktop Windows
  • Program atau software semacam Microsoft Word (Office), Corel,Photoshop dan yang lainnya tidak bisa dibuka atau diijalankan dengan normal.
  • File Eksekekusi (.exe) jadi Shorcut
  • File-file data banyak yang hilang, yang sebenarnya disembunyikan oleh virus
  • Dan sebagainya, yang intinya merusak OS dan Program di Komputer anda…
Kalo masalah ini sudah terjadi, anda akan kesulitan melanjutkan perkerjaan yang ada, acara berhenti padahal anda sedang dikejar-kejar order (kasian deh).  Jawaban yang pasti : Komputer atau Laptop rusak karena virus! Baiknya, wajib install ulang Windows, betulkan?! Kalo tidak ingin mengulangi hal itu, silahkan ikuti dengan teliti Tutorial berikut yang akan saya bagi menjadi beberapa sesi penanganan.
A.Cara Update Avira Dan Smadav
Dengan asumsi di dalam Komputer anda sudah terinstall Avira dan Smadav, jika belum silahkan Download dan Instal keduannya melalui link berikut :
http://filehippo.com/download_antivir/
www.similsite.com/Smadav

Download dan Cara Install Avira Free Antivirus 2013 Download Smadav Terbaru
Update database-definisi sebuah Antivirus dibutuhkan agar Antivirus mampu mengenali virus-virus terbaru bahkan varian virus (virus yang sudah regenerasi). Update Antivirus Samdav biasanya tidak berupa file tersendiri, tetapi menunggu satu hingga beberapa bulan munculnya versi terbaru atau dirilis. Sedang Cara Update Avira ikuti petunjuk berikut :
  • Klik 2x icon Avira di Desktop > Klik Startup update > Tunggu sampai selesai (sampai tanggal/Last update menunjukkan hari ini).
  • Lakukan update setiap hari atau paling lambat 3 hari, setidaknya warna Tulisan Your Computer is not secure tidak sampai merah (terlalu lama update menyebabkan file definisi yang di download akan besar, prosesnya tentu lebih lama). Dan kalau memang sampai terjadi, klik sajaFix Problem (tombol sebelah kanan) dan ikuti petunjuk yang ada selanjutnya.
Jika Antivirus yakin telah di-update, silahkan anda ikuti cara penanganan virus selanjut-nya.
B.Cara Mencegah Virus Masuk Lewat Flashdisk
Tidak perlu gemetar, grogi bahkan kuatir saat baru pertama kali memasukkan Flashdisk pada perangkat komputer anda. Ikuti beberapa langkah berikut :
  • Saat baru pertama kali memasukkan UFD atau Universal Flash Disk pada colokan USB komputer, akan keluar pesan Found New Hardwarebiarkan proses selesai sampai muncul …ready to use. Dan secara otomatis Smadav akan melakukan scan otomatis pada file-file yang ada di dalam flashdisk. Segera close/kilk tanda silang dan klik OK, untuk mengakhiri (jika di dalam flashdisk banyak file, akan terlalu lama proses ini, sebaiknya nanti lakukan scanning secara manual). Bersamaan itu juga mungkin akan keluar Autorun dari dari flashdisk, segera saja tutup dengan  klik CANCEL  atau tutup dengan tanda silang.
 Autorun Flashdisk Scan Auto Smadav
  • Jika saat selesai scan otomatis flashdisk terdeteksi  oleh Smadav ada virus, langsung saja bersihkan atau delete.
  • Biasanya, saat proses memasukkan flashdisk yang keluar warning dari Avira untuk Remove atau Detail, pilih saja REMOVE, kemungkinan juga akan muncul proses otomatis scan dari Avira, biarkan sampai selesai atau 100% atau lebih lengkapnya ikuti cara menghapus virus pakai Smadav secara Manual berikut.
C.Cara Membersihkan Virus Menggunakan Smadav Secara Manual
Penanganan di atas adalah saat kita memasukkan Flashdisk. Untuk memastikan bahwa di dalam flashdisk masih ada virus atau tidak kita coba melakukan scanning manual. Ini juga berlaku untuk sistem drive dan drive-drive yang lain (agar lebih efektif anda bisa memilih drive yang mana yang ingin di scan, melalui cawang/centang) :
  • Buka Smadav (icon Segitiga Hijau) , pilih drive/termasuk flashdisk yang akan di scan, pilih opsi scan > Auto-Checking > pilih Full Scan > Scan >>…Biarkan proses sampai selesai. Jika ada virus terdeteksi saat selesai scan akan keluar pesan tentang Keadaan Komputer – Maaf, Komputer Anda sedang dalam keadaan JELEK , Smadav menemukan…virus…Klik OK > Klik Tombol Bersihkan dan lihat hasilnya melaluiResult.
Mengatur Opsi Scan Smadav
Virus Terdeteksi Bersihkan
Ada kalanya selesai melakukan scan virus, baik manual atau otomatis, user langsung hepi-hepi tidak tahu bahwa sebenarnya da virus yang mungkin tidak mampu ditangani Smadav…yaitu di Karantina, untuk tuntaskan dengan :
  • Klik tab Quarantine > pilih semua vitus yang terdeteksi melalui centang/cawang Select All, kemuadian Delete
  • Perhatian ! Terkadang Smadav sendiri tidak mampu menangani beberapa virus luar ata asing, secara otomatis Avira  juga melakukan scan secara otomatis membantu Smadav melalui muncul-nya Security Alert…klik REMOVE virus pada warning yang keluar biarkan sampai proses selesai juga Pada sesi ini anda akan melihat 2  bahkan lebih proses scan virus oleh Avira dan Smadav. Bahkan kalo virus yang dideteksi banyak, proses scanning Avira juga akan ditunjukkan dalamMultitask…Harap sabar menunggu sampai sudah tidak ada lagi proses scan yang ditampilkan oleh Avira, selanjunya biar di handle oleh Smadav…
Muncul Security Alert Avira
System Being Scan Avira
D.Cara Menghapus Virus Menggunakan Avira Secara Manual
Kadang kurang puas  dengan hasil scan virus otomatis Avira dan Manual Smadav, anda dapat meyakinkan lagi dengan Avira Manual, caranya :
  • Klik 2x icon Avira di desktop > pilih opsi-menu System Scanner > silahkan pilih flashdisk atau drive yang akan di scan > lalu klik gambar tombol icon kaca pembesar untuk memulai SCAN.
Cara Scan Manual Avira
  • Biasanya saat proses scanning Avira mendeteksi virus, buzzer cpu akan berbunyi tuit..tuit..tuit..sambil ditunjukkan informasi virus apa dan berapa jumlah yang terdeteksi. Biarkan sampai proses selesai dan menampilkan informasi hasil dari scanning. Jika Avira memberi pilhan Apply Now danCancel,  pilih saja Apply Now.
Proses Scan Virus Avira
Daftar Virus Yang Berhasil Dideteksi Avira
  • Agar benar-benar bersih,  silahkan anda Klik opsi Administrator >Quarantine di Avira, di sana akan ditunjukkan virus-virus yang telah berhasil di karantina oleh Avira > klik salah satu virus pada list/daftar, lalu tekan Ctrl + A bersamaan untuk blok > klik tanda silang pada Tab atau klik kanan semua virus yang ter-blok > klik Delete Object.
Delete Object

Add On

  1. Anda bisa juga menggunakan Live CD seperti Hiren’s CD, Linux CD atau gunakan cpu lain untuk menangani virus yang bersarang di Recycle tiap Drive,  baik localdisk maupun flashdisk (sering disebut Virus RECYCLER). Biasanya virus ini terus muncul selama file-file di dalam Recycle OS bersangkutan  tidak di bersihkan. Sehingga harus dibersihkan melalui sistem dari luar yang belum terinfeksi.
  2. Mematikan atau disable Autorun.Inf Windows XP  :  Start > pilih Run >  ketik gpedit.msc>  klik OK. Maka akan terbuka window Group Policy > klik 2x User Configuration > Administrative Templates > System > klik 2x Turn Off Autoplay lalu pilih Enable dan pilih All drives lalu klikOK
  3. Mematikan atau disable Autorun.Inf Windows 7 : Buka Control Panel >Hardware and Sound  > AutoPlay > hilangkan tanda centang pada bagian Use AutoPlay for all media and devices. Kemudian ketikgpedit.msc pada menu Run dan enter > Local Group Policy Editorklik 2X Turn off AutoPlay > Pilih Enable untuk mematikan fungsi  AutoPlay.

Kesimpulan

Tidak ada Antivirus paling bagus atau terbaik  dan paling jelek. Yang terbaik dan terpenting adalah Antivirus yang selalu terupdate file definisi/databasenya dan yang terjelek adalah yang tidak pernah di-update. Karena dengan Antivirus yang selalu di update, berarti anda siap untuk mencegah dan menghapus virus.  Ini berlaku untuk jenis  Antivirus yang Premium/berbayar ataupun yang Gratisan.
Silahkan kalo anda menggunakan Antivirus lain untuk menanggulangi berbahanya virus, alternatif bisa menggunakan Avast atau Kapersky. Tapi sekali lagi, jangan sampai melupakan update dan optimalkan penggunaan opsi dari antivirus yang ada. Pilih yang terbaik menurut anda sendiri!
Selesai. Semoga berguna dan bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar